Jumat, 07 Januari 2011

PENDAHULUAN SQL PLUS

SQL adalah kependekan dari Structured Query Language, digunakan untuk berkomunikasi dengan Oracle sehingga kita dapat memerintahkan informasi apa yang ingin kita SELECT, INSERT, UPDATE atau DELETE. Keempat kata yang saya tulis dengan huruf besar tersebut merupakan kata inti yang digunakan untuk memerintahkan Oracle. Apa sih SQL*Plus itu dan apa perannya dalam database Oracle? Secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa SQL*Plus itu seperti assisten pribadi kita saat bekerja dengan Oracle. Melalui SQ*Plus inilah kita memberikan perintah kepada Oracle dan kita dapat melihat hasilnya.


Keistimewaan sql plus

* menerima tambahan masukan perintah
* menerima input SQL dari file file
* tersedia line ditor untuk memidifikasi perintah SQL
* terdapat seting untuk penanganan yang berhubungan dengan lingkungan
* hasil query d buat dalam sebuah laporn standart
* mengakses data base secara lokal dan remote

LIKE
Klausa LIKE digunakan untuk membatasi query menurut nilai tertentu. Nilai ini merupakan sebagian dari nilai suatu field. Sebagai ilustrasi, akan ditampilkan data mahasiswa yang memiliki nama yang nama akhirnya mengandung huruf “ni”.
SQL> select * from mahasiswa where nama like ‘%ni’;

ORDER BY
Klausa ORDER BY digunakan untuk mengurutkan data yang di-query. Klausa ORDER BY diikuti dengan nama kolom atau kolom alias kemudian diikuti klausa jenis urutan yang kita inginkan. Jenis urutan bisa ASC (ascending) atau DESC (descending). Sebagai ilustrasi, tampilkan semua data dengan cara diurutkan ascending berdasarkan nama mahasiswa.
SQL> select * from mahasiswa order by nama;
SQL> select * from mahasiswa order by nama desc;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar